Review E Modul
E Modul yang direview: Azzahra Jasmine HP (K3320019) (https://zahrajasminea.blogspot.com/2023/04/e-modul-kesetimbangan-kimia-berbasis.html)
Alur penulisan modul pembelajaran ini diawali dengan mencantumkan identitas modul, kompetensi dasar, deskripsi singkat materi, petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan latihan mandiri. Pencantuman identitas modul dan deskripsi materi sudah sesuai dimana dapat memberikan gambaran secara umum kepada siswa terkait modul yang akan dipelajari. Modul ini juga sudah terdapat petunjuk penggunaan yang mana dapat membantu siswa dalam mempelajari modul secara mandiri, petunjuk yang diberikan adalah petunjuk yang umum, namun dapat dipahami dan cukup menjadi pembimbing siswa dalam memahami materi dalam modul secara mandiri. Tujuan pembelajaran yang dicantumkan kurang spesifik dan masih disebutkan secara umum, belum yang merajuk pada sesuatu yang khusus (yang menjadi permasalahan di dunia sekitar siswa, seperti yang diharapkan dalam system thinking). Pada tujuan pembelajaran dapat dicantumkan terkait fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang akan dijadikan materi pembelajaran.
Apersepsi yang diberikan kurang dekat dengan siswa secara umum, namun sudah diberi cantuman gambar. Alangkah lebih baiknya jika mengambil contoh lain yang lebih berdekatan dengan siswa secara langsung, atau mungkin memilih suatu masalah yang benar benar konkret untuk memancing rasa ingin tahu siswa. Selain itu, mungkin dapat diperjelas lagi keterkaitan antara amonia dan pupuk urea (seperti diberi rumus kimia atau penjelasan yang lain sehingga keberadaan amonia dapat memicu rasa penasaran siswa terkait materi yang ada)
Materi pembelajaran yang disampaikan sudah lengkap, namun kurang bisa menggugah ketertarikan siswa. Materi disampaikan secara runtut, namun kurang terdapat gambar yang bisa memperjelas pemahaman siswa. Hal ini membuat materi terkesan monoton, namun, sebenarnya penyusunan materi yang dilakukan sudah sangat rapi sehingga nyaman jika dibaca. Materi yang digunakan dapat dikembangkan lagi ke arah yang berdekatan dengan masalah di kehidupan sehari hari (yang juga berkaitan dengan system thinking). Mengenai gambar digunakan, belum terdapat sumber yang digunakan.
Pada akhir modul pembelajaran ini terdapat bagian Latihan Mandiri. Pertanyaan yang disampaikan hanya berjumlah 5 soal, yang mana semuanya adalah soal pilihan ganda non perhitungan sehingga dirasa kurang untuk menguji pemahaman siswa terkait materi yang telah dipelajari pada modul ini. Pada Latihan Mandiri ini dapat pula ditambahkan catatan mengenai tata cara pengerjaan dimana siswa diharapkan mengerjakan secara mandiri terlebih dahulu dan jika merasa kebingungan dapat menghubungi pembuat modul. Hal ini dapat memotivasi siswa. Sudah terdapat kunci jawaban, namun, sepertinya terlalu dekat dengan soal latihan, sehingga siswa yang bahkan tidak ingin melihatnya dapat melihatnya secara tidak sengaja, lebih baik jika diletakkan agak jauh dari soal. Sudah terdapat cara penilaian dan catatan apabila siswa telah menguasai materi atau belum.
Belum terdapat daftar pustaka yang digunakan.
5 KARAKTERISTIK MODUL
Modul pembelajaran yang baik harus memenuhi 5 karakteristik modul pembelajaran yaitu sebagai berikut:
1. Self instruction
Modul pembelajaran ini sudah memenuhi karakteristik ini dikarenakan sudah terdapat petunjuk penggunaan modul. Seberapa lama siswa dapat menyelesaikan modul ini dan jumlah skor yang sebaiknya didapatkan ketika mengerjakan latihan mandiri sebagai indikator tercapainya pemahaman sudah dicantumkan sehingga siswa mampu menggunakan modul ini secara mandiri.
2. Self contained
Modul ditulis secara runtut dan utuh dimana diawali dari materi konsep yaitu mengenai konsep kesetimbangan kimia, namun, materi yang digunakan dapat dikembangkan hingga menyentuh ranah permasalahan konkret siswa. Jika ditelusuri dari terdapatnya video atau QR code, modul ini belum memenuhi karakteristik self contained
3. Self alone
Pembuatan modul ini mungkin masih mengutip dari suatu sumber, sehingga dapat ditambahkan sitasi dan daftar pustaka yang mendukung.
4. Adaptive
Modul dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu terbaru dimana menggunakan blogspot yang pastinya terdapat perbedaan dari modul dalam bentuk buku. Namun, materi yang diangkat masih terpaku pada materi kurikulum 2013/2016 dan belum menyentuh ranah permasalahan di sekitar siswa
5. User friendly
Modul ini sesuai dengan batasan usia pembaca. Modul pembelajaran dibuat untuk anak SMA, bahasa dan rangkaian kalimat yang dibuat menurut saya sudah sesuai, modul juga dapat dibaca pada media laptop maupun handphone ber spek rendah.
Komentar
Posting Komentar